Siapkan Ruang Kelas Sekolah Dasar

Mengajar tidak hanya melibatkan interaksi dengan siswa Anda, tetapi tata ruang kelas Anda akan mempengaruhi keberhasilan siswa Anda. Beberapa distrik sekolah memiliki pedoman, tetapi sebagian besar memberikan fleksibilitas kepada guru kelas untuk berkreasi.

Jika Anda mengatur kelas Anda untuk Kursi Lipat Plastik memenuhi kebutuhan anak-anak Anda, Anda akan membahas kecerdasan ganda, yang diperkenalkan oleh Howard Gardner. Mereka adalah: kinestetik/gerakan, visual/spasial, komputasi/logis, introspektif, intraspektif, naturalis, musikal/auditori.

Siswa harus duduk di meja enam. Jika Anda hanya memiliki meja, Anda mungkin dapat menempatkan meja dalam kelompok enam. Kursi atau meja, harus memiliki ruang di bawahnya untuk penyimpanan buku. Setiap meja atau grup adalah tim. Anda akan mengatur kamar Anda seperti ruang “brainstorming” perusahaan. Anda akan memilih kapten (fasilitator), perekam, pemimpin harga kursi meja kuliah materi, untuk setiap kelompok dan pekerjaan akan berputar di sekitar kelompok.

Tanggung jawab kapten akan menjaga siswa meja pada tugas dan akan bertanggung jawab untuk melaporkan kemajuan setiap pelajaran yang melibatkan kelompok. Siswa lain akan mencatat siapa yang melakukan tugas apa untuk proyek tersebut. Ini membantu Anda, guru, melihat bagaimana menilai seorang siswa pada proyek kelompok itu. Ketika siswa duduk di meja bersama, penting untuk menyadari bahwa mereka akan “memiliki” meja mereka, sehingga setiap meja akan menjadi “tim”. Sangat menyenangkan untuk setiap tabel untuk membuat nama tim. Anda akan memandu kelas melalui langkah-langkah pelajaran dan siswa materi di setiap meja akan menjadi satu-satunya yang bangun untuk mengambil benda-benda yang dibutuhkan untuk pelajaran.

Anak-anak dan orang dewasa belajar paling baik dengan menggunakan sebanyak mungkin kecerdasan ganda dalam pelajaran. Misalnya, jika seorang anak belajar secara kinestetik, dia mungkin harus mengetukkan jarinya di meja atau mengetuk kakinya di bawah saat Anda sedang presentasi. Guru baru harus diingatkan tentang gaya belajar yang bervariasi dan tidak meminta pembelajar kinestetik untuk menghentikan gerakan. Belajar dan mendengarkan akan berhenti pada titik itu untuk orang atau anak itu. Inilah sebabnya mengapa banyak guru kreatif membuat pantun untuk menghafal fakta dan menari mengikuti irama pantun.

Di sekeliling ruangan akan ada “stasiun”. Akan ada meja komputer, meja seni, meja tulis, kotak surat kelas, area membaca, dan stasiun matematika & sains. Di setiap “stasiun” akan ada dua kursi sehingga siswa dapat memiliki akses ke area ini setelah menyelesaikan pekerjaan mereka, atau sebagai hadiah untuk perilaku yang baik.

Dinding harus memiliki area pajangan untuk semua pekerjaan siswa. Ini memberi mereka kebanggaan pada diri mereka sendiri dan tim mereka. Poster dengan pengingat tata bahasa, rumus matematika, dan bahan referensi lainnya bisa dipasang di dinding lain.

Ingatlah bahwa kelas Anda adalah “rumah yang jauh dari rumah” bagi anak-anak Anda. Tata tertib kelas harus terpampang jelas di depan ruangan. Menghormati kehidupan, keluarga, teman, dan otoritas adalah apa yang harus Anda tuntut dari siswa Anda. Dorong orang tua dan tokoh masyarakat untuk datang membantu selama proyek kelompok. Mintalah guru seni atau Kepala Sekolah, untuk ruang di lorong untuk memajang proyek dan menilai bakat setiap siswa dalam produk akhir.

Ingat, kunci keberhasilan siswa adalah menyesuaikan ruangan Anda agar sesuai dengan kebutuhan siswa Anda. Setiap tahun, mereka mungkin berbeda. Jadilah fleksibel. Semoga berhasil dan selamat bersenang – senang!

 

 

Leave a Comment